RAPAT MEMBAHAS LAPORAN PENDAHULUAN PEKERJAAN PENYUSUNAN KAJIAN BLUEPRINT PEMASARAN PARIWISATA KABUPATEN CILACAP

Pemerintah Kab. Cilacap melalui Bappeda Kab. Cilacap pada tanggal 04 Agustus 2021 menyelenggarakan Rapat Membahas Laporan Pendahuluan Pekerjaan Penyusunan Kajian Blueprint Pemasaran Pariwisata Kab. Cilacap. Dasar Pelaksanaan Rapat Pendahuluan Penyusunan Kajian Blueprint Pemasaran Pariwisata Kab. Cilacap pada Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Bappeda Kab. Cilacap Nomor 5.01.03.2.02 Kegiatan Koordinasi Perencanaan bidang Perekonomian dan SDA (Sumber Daya Alam) dan Surat Sekretaris Daerah Kab. Cilacap Nomor : 005 / 04600 / 37 tanggal 30 Juli 2021.

 Adanya kondisi Pandemi Covid 19 di Kab. Cilacap mengakibatkan rapat diselenggarakan secara langsung dan melalui Zoom Meeting. Peserta yang hadir secara langsung di Ruang Rapat Gedung Akbid Graha Mandiri Kab. Cilacap Kantor Sementara Bappeda yaitu Kepala Bidang Perekonomian beserta Kasubid Bappeda Kab. Cilacap sedangkan yang mengikuti secara zoom meeting sebanyak 47 peserta terdiri dari 10 OPD di Kab. Cilacap, 13 Kecamatan di Kab. Cilacap yang memiliki desa wisata, serta para pelaku pariwisata di Kab. Cilacap.

Acara dibuka oleh Kepala Bidang Perekonomian BAPPEDA Kab. Cilacap (Ir. Aris Sunarya, M.Si). Dalam sambutannya menyampaikan bahwa maksud pelaksanaan Rapat Penyusunan Kajian Blueprint Pemasaran Pariwisata Kab. Cilacap adalah untuk memberikan gambaran rencana secara jelas terhadap rencana pemasaran pariwisata desa wisata yang dijadikan sebagai acuan dalam pembuatan kebijakan secara berkesinambungan sesuai dengan tuntutan, tantangan dan kebutuhan lingkungan sedangkan tujuannya yaitu untuk menetapkan tujuan dan sasaran pengembangan dan pemasaran pariwisata pada desa wisata di Kab. Cilacap, menyiapkan strategi  dan langkah–langkah dalam pencapaian tujuan dan sasaran pengembangan dan pemasaran desa wisata di Kab. Cilacap dan dapat menjalin sinergitas antar stakeholder dalam pengembangan dan pemasaran pariwisata desa wisata di Kab. Cilacap.

Selanjutnya, penyampaian materi Rapat Penyusunan Kajian Blueprint Pemasaran Pariwisata Kab. Cilacap oleh Setyohadi selaku Konsultan dari CV. EDIYASA menyampaikan Desa Wisata di Kab. Cilacap menurut SK Bupati berjumlah 21 desa. Namun sampai saat ini, beberapa desa wisata masih belum sesuai harapan dan masih sepi pengunjung alasannya belum adanya promosi yang optimal sehingga perlu mempromosikan desa wisata supaya bisa dikenal oleh masyarakat desa, adanya blueprint pemasaran wisata diharapkan dapat membantu desa wisata untuk pembangunan pemasaran, antara lain pemasaran pariwisata bersama, terpadu, dan berkesinambungan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, yang bertanggung jawab dalam membangun citra Kab. Cilacap sebagai destinasi pariwisata yang berdaya saing.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi, dari sesi diskusi rapat beberapa masukan dari peserta rapat secara garis besar menyampaikan bahwa desa wisata di Kab. Cilacap yang sudah dibentuk masih belum optimal pengelolaannya sehingga membutuhkan peranan OPD Kab. Cilacap serta peran aktif masyarkat setempat dalam mengembangkan dan membangun desa wisata sehingga akan terciptanya desa wisata yang aman, nyaman dan lebih menarik, sehingga akan menarik kunjungan wisatawan. Selain itu cara untuk mempromosikan desa wisata harus lebih kekinian dengan menggunakan media sosial.

Acara Rapat Blueprint Pemasaran Pariwisata ditutup oleh Kabid Perekonomian BAPPEDA Kab. Cilacap.

BAPPEDA CILACAP
bappeda_clp