Rapat Pra Persiapan Pelaksanaan Penyusunan Dokumen PSETK Kabupaten Cilacap Tahun Anggaran 2021

Bappeda Kabupaten Cilacap melalui bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah menyelenggarakan Rapat Pra Persiapan Pelaksanaan Penyusunan Dokumen Profil Sosial Ekonomi Teknis Kelembagaan (PSETK) Kabupaten Cilacap Tahun Anggaran 2021 pada Jumat, 25 Juni 2021 bertempat di Ruang Rapat Kantor Sementara Bappeda Lantai I.

Rapat Pra Persiapan Pelaksanaan Penyusunan Dokumen PSETK Kabupaten Cilacap Tahun Anggaran 2021 di pimpin langsung oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda Kabupaten Cilacap. Turut hadir secara luring Kepala Seksi Eksploitasi dan Pemeliharaan pada Dinas PSDA Kabupaten Cilacap, Kepala Seksi Kelembagaan dan Ketenagaan pada Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, KTPM IPDMIP Kabupaten Cilacap beserta TPM Wilayah Kota Cilacap dan Jeruklegi dan Konsultan PSETK Bappeda Kabupaten Cilacap (Tim Ahli dan Administrasi).

Adapun dalam rangka mematuhi protokol kesehatan dan menghindari penyebaran Covid – 19, khusus untuk peserta dari luar kota turut hadir pula melalui teleconference zoom meeting meliputi Tim ISAI IPDMIP Jawa Tengah, TPM IPDMIP Kabupaten Cilacap, Kepala UPT Pengairan Wilayah Majenang  Dinas PSDA Kabupaten Cilacap, Kepala UPT Pengairan Wilayah Sidareja  Dinas PSDA Kabupaten Cilacap.

Profil Sosial Ekonomi Teknis Kelembagaan (PSETK) adalah instrumen yang digunakan untuk mengetahui kondisi P3A/GP3A, kondisi jaringan irigasi  berupa   informasi maupun data mengenai  keadaan sosial ekonomi teknis dan kelembagaan pada suatu daerah irigasi.

Penyusunan PSETK bertujuan untuk melihat dan memotret kondisi potensi dan persoalan yang ada di suatu wilayah Daerah Irigasi, serta bagaimana rencana penanganannya berdasarkan kemampuan wilayah tersebut, berisi gambaran kondisi DI secara umum ditinjau dari kondisi Sosial Ekonomi Teknis Kelembagaan.

CV. Rayhan Consult  selaku mitra pekerjaan Penyusunan Dokumen PSETK Kabupaten Cilacap Tahun Anggaran 2021 akan mulai menyusun dokumen PSETK untuk 15 Wilayah Daerah Irigasi Kewenangan Kabupaten Cilacap pada Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah UPTD Pengairan Majenang (meliputi 7 D.I. di Kecamatan Majenang, Wanareja dan Dayeuhluhur ) dan Wilayah UPTD Pengairan Sidareja (meliputi 8 D.I. di Kecamatan Gandrungmangu dan Cipari ).

Dalam Rapat Pra Persiapan Pelaksanaan Penyusunan Dokumen PSETK Kabupaten Cilacap Tahun Anggaran 2021, Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah juga menyampaikan pesan kepada Konsultan, KTPM serta TPM IPDMIP Kabupaten Cilacap untuk senantiasa berhati hati dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama melaksanakan kegiatan Penyusunan Dokumen PSETK Kabupaten Cilacap T.A 2021, baik saat melaksanakan sosialisasi, PJI dan FGD, disampaikan pula mengenai pentingnya peran serta perempuan dalam rangka kesetaraan gender, dari 17 anggota TPM IPDMIP Kabupaten Cilacap, 9 diantaranya merupakan perempuan.

Kepala Bidang  Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah juga menyampaikan pesan untuk setiap agenda kegiatan yang akan dilaksanakan, konsultan wajib mengikutsertakan Mantri Pengairan, TPM, PPL guna menyamakan persepsi dalam penyusunan Dokumen PSETK Kabupaten Cilacap agar tidak terjadi miss informasi maupun kesalahan pada data lapangan.

Agenda berikutnya setelah pelaksaan Rapat Pra Persiapan Pelaksanaan Penyusunan Dokumen PSETK Kabupaten Cilacap Tahun Anggaran 2021 adalah kegiatan pembekalan yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 Juli 2021 untuk UPTD Pengairan Wilayah Majenang, dan 7 Juli 2021 untuk UPTD Pengairan Wilayah Sidareja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.