Bappeda Kabupaten Cilacap Laksanakan Pendampingan dan Pelatihan Teknis Desa Inovasi Rawaapu bersama STKIP Darussalam Cilacap

Cilacap, 24 Juni 2021. Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Bappeda Kabupaten Cilacap kembali mengadakan pelatihan teknis untuk Desa Inovasi pada Rabu, 23 Juni 2021. Pelatihan dan pendampingan teknis kali ini ditujukan untuk Desa Inovasi Rawaapu Kecamatan Patimuan bekerjasama dengan Perguruan Tinggi pendamping yaitu STKIP Darussalam Cilacap. Pelatihan dan pendampingan teknis tersebut menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Penyelenggaraannya bertempat di Balai Desa Rawaapu dan diikuti oleh pengurus Desa Inovasi serta pelaku UMKM dari kedua Desa Inovasi.  Pelatihan dan pendampingan teknis dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Cilacap yang diwakili oleh Kepala Bidang Litbang Bappeda Kabupaten Cilacap Ir. Lydia Retnoningsih, MA. Dalam sambutannya Kabid Litbang menyatakan Desa Rawaapu memiliki potensi yang cukup besar untuk mewujudkan cita-cita menjadi desa yang mandiri seperti potensi peternakan bebek dan industri gula merah sehat.

Dalam kesempatan tersebut, dihadirkan narasumber dari Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap yaitu Penyuluh Terampil Sumargo, A.Md yang menyampaikan materi mengenai Budidaya Itik Petelur. Dalam paparannya Sumargo, A.Md memberikan kiat-kiat budidaya itik yang baik, mulai dari pemilihan bibit hingga treatment kepada itik agar produktif dalam menghasilkan telur. Selain itu juga ditekankan kepada peserta pelatihan mengenai semangat dan keyakinan dalam budidaya agar terbentuk etos pembudidaya yang baik sehingga akan menuai hasil yang maksimal.

Narasumber kedua dari Perguruan Tinggi Pendamping Desa Rawaapu STKIP Darussalam adalah Dian Imam Saefulah, M.Or, AIFO menyampaikan materi mengenai Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Dalam paparannya, masyarakat diajak untuk melek PIRT agar produk pangan yang dihasilkan memenuhi standar, sehingga kesempatan pemasaran yang didapatkan juga akan lebih luas. Narasumber ketiga Hidayat Nur Septiadi, M.Pd juga berasal dari STKIP Darussalam memberikan materi mengenai Pengolahan Telor Bebek dan Gula Merah Sehat Ikon Desa Rawaapu. Peserta pelatihan dan pendampingan teknis sangat antusias dalam mengikuti acara. Antusiasme peserta terlihat dalam diskusi dan tanya jawab baik ketika paparan narasumber maupun ketika pelatihan teknis pengolahan telur asin dan pengolahan gula merah sehat. Kedua produk tersebut diproyeksikan akan menjadi ikon dari Desa Rawaapu selain potensi pariwisata yang sudah tergarap selama ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.