Bappeda Kabupaten Cilacap Laksanakan Pendampinan dan Pelatihan Teknis Desa Inovasi Limbangan & Sindangbarang bersama STAI Sufyan Tsauri Majenang dan STKIP Majenang

Cilacap, 17 Juni 2021. Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Bappeda Kabupaten Cilacap kembali mengadakan pelatihan teknis untuk Desa Inovasi pada Rabu, 16 Juni 2021. Pelatihan dan pendampingan teknis kali ini ditujukan untuk 2 (dua) Desa Inovasi yaitu Desa Limbangan Kecamatan Wanareja dan Desa Sindangbarang Kecamatan Karangpucung bekerjasama dengan Perguruan Tinggi pendamping yaitu STAI Sufyan Tsauri Majenang dan STKIP Majenang. Pelatihan dan pendampingan teknis tersebut menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Penyelenggaraannya bertempat di kampus STAIS Majenang dan diikuti oleh pengurus Desa Inovasi serta pelaku UMKM dari kedua Desa Inovasi.  Pelatihan dan pendampingan teknis dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Cilacap yang diwakili oleh Kepala Bidang Litbang Bappeda Kabupaten Cilacap Ir. Lydia Retnoningsih, MA. Dalam sambutannya Kabid Litbang menyatakan Desa Limbangan dan Sindangbarang memiliki potensi yang cukup besar untuk mewujudkan cita-cita menjadi desa yang mandiri seperti potensi perikanan di Desa Limbangan dan peternakan kambing di Desa Sindangbarang.

Dalam kesempatan tersebut, dihadirkan narasumber dari Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap yaitu Kasubbag TU UPT BBI Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap Sudarto, A.Md yang menyampaikan materi tentang Pelatihan Budidaya Ikan dan Pakan Ikan Fermentasi. Dalam paparannya Sudarto, A.Md menekankan masyarakat harus kreatif dan jeli dalam proses budidaya hingga pemasaran, misal untuk menekan biaya pakan pelet dapat digunakan pakan dari dedaunan untuk ikan gurami dewasa. Selain itu dapat dilakukan pemasaran hasil olahan ikan seperti lele asap, abon lele, dan lainnya karena harga jualnya akan lebih tinggi dibandingkan jika dijual mentah. Lebih lanjut ditekankan agar masyarakat sadar akan keamanan pangan dan proses budidaya.

Narasumber juga berasal dari ke 2 (dua) Perguruan Tinggi Pendamping Desa Inovasi. Cahyono Perdana dari Pusat Inkubasi Ekonomi Lokal STAIS Sufyan Tsauri Majenang menyampaikan materi tentang Pengelolaan Limbah Berbasis Manfaat Ekonomi dan Keberlanjutan. Dalam paparannya beliau memberikan solusi pemanfaatan limbah organik, seperti sekam padi, leri, hingga kotoran kambing, agar dimanfaatkan menjadi komoditas yang dapat dijual. Sedangkan Ngasifudin dari STKIP Majenang menyampaikan materi tentang Penguatan Ekonomi Desa Melalui BUMDes.

Antusiasme peserta terlihat dalam diskusi dan tanya jawab, baik ketika paparan narasumber maupun kunjungan ke kolam perikanan untuk benchmarking budidaya perikanan. Kunjungan ke kolam perikanan didampingi langsung oleh Sudarto, A.Md dan pendamping dari STKIP Majenang dan STAIS Sufyan Tsauri Majenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.