REMBUG KLASTER TAHUN 2021

Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Bappeda Kabupaten Cilacap pada tanggal 10 Juni 2021 menyelenggarakan Rembug Klaster Tahun 2021 dengan tema “Pentingnya Kolaborasi dan Sinergi Antar UMKM Demi Terwujudnya Soliditas UMKM di Kabupaten Cilacap”. Acara diselenggarakan di Aula Bappeda Lt. II Kab. Cilacap Jl. Kauman Nomor 28 B Cilacap.

Acara dibuka oleh Sekretaris Bappeda (Edy Supriyono, S.Sos, MM) dan dihadiri oleh Disporapar Kab. Cilacap, Disnakerin Kab. Cilacap, DPKUKM Kab. Cilacap, DPMPTSP Kab. Cilacap, Dispabun Kab. Cilacap, Dinas Perikanan Kab. Cilacap, Dinas Pertanian Kab. Cilacap, Bagian Perekonomian dan SDA Setda, Ketua Pelaksana FEDEP Kab. Cilacap, Ketua / Anggota Klaster di Kab.Cilacap (6 klaster), Ketua / Anggota Komite Ekonomi Kreatif Kab. Cilacap dan Ketua / Anggota Asosiasi UMKM Kab. Cilacap .

Dalam sambutannya Sekretaris Bappeda menyampaikan bahwa maksud dilaksanakan Rembug Klaster adalah Memfasilitasi OPD untuk saling bersinergi dalam pengembangan UMKM di Kab. Cilacap agar UMKM kuat, kompak, mampu bersaing dengan UMKM dari luar daerah ditengah Pandemi Covid 19 serta memfasilitasi UMKM / Klaster – klaster di Kab. Cilacap agar saling bersinergi, berkolaborasi antar UMKM dalam pengembangan usaha, berproduksi, promosi / pemasaran produk.

Sedangkan tujuannya adalah menyamakan persepsi tentang UMKM/IKM dalam rangka pengembangan UMKM di Kab. Cilacap, Mensinergikan UMKM di Kab.Cilacap agar kompak dalam usaha bangkit berproduksi, mempromosikan produk akibat dampak pandemi covid 19 dan Memfasilitasi OPD agar dalam pembinaan terhadap UMKM/IKM di Kab. Cilacap kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan dan bantuan yang diberikan benar-benar tepat sasaran serta sesuai kebutuhan UMKM.

Berdasarkan data dari DPKUKM Kab. Cilacap jumlah UMKM sampai dengan bulan Mei 2021 sebanyak 20.015. Dengan jumlah UMKM yang begitu besar sehingga dibutuhkan wadah untuk menaungi UMKM di Kab. Cilacap agar dapat saling bersinergi/bekerjasama oleh karena itu Bappeda memfasilitasi mempertemukan antara OPD – OPD  dengan para pelaku UMKM di Kab. Cilacap. Selain itu UMKM di Kab. Cilacap membutuhkan gedung/tempat/showroom untuk mempromosikan produk – produknya sekaligus tempat untuk melaksanakan berbagai kegiatan UMKM.

Acara Rembug Klaster dipandu oleh moderator yaitu Kepala Bidang Perekonomian pada Bappeda Kab. Cilacap (Ir. Aris Sunarya, M.Si) dan diisi paparan dari DPKUKM Kab. Cilacap (Elie Kurniawati, SE) dengan tema”Strategi memperkuat Ketahanan UMKM di Tengah Persaingan Usaha” serta paparan perkenalan dari Asosiasi UMKM Kab. Cilacap yang belum lama dibentuk oleh DPKUKM Kab. Cilacap, serta paparan dari Ketua Forum UMKM dilanjutkan diskusi.

Dalam paparannya DPKUKM menyampaikan perlu adanya pendata ulang jumlah UMKM di Kab. Cilacap agar data yang ada valid, kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh DPKUKM dalam rangka membantu pemberdayaan UMKM serta proses pembentukan Asosiasi UMKM Kab. Cilacap.

Asosiasi UMKM (Suwaryan) dalam paparannya menyampaikan Visi, Misi, rencana penyusunan struktur organisasi, program kerja dan rencana pendataan anggota.

Ketua Forum UMKM (Erna Juliana) sekaligus sebagai Ketua Klaster Kriya dalam paparannya menyampaikan Visi, misi serta program/ kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam rangka membantu pengembangan UMKM di Kab. Cilacap.

Sekretaris Bappeda menyampaikan kesimpulan dari pelaksanaan Rembug Klaster adalah sesuai kesepakatan hasil diskusi, wadah bagi UMKM di Kab. Cilacap yang sudah ada (FUMKM) bisa tetap dilanjutkan dengan catatan perpanjangan legalitas untuk segera diproses sedangkan untuk Asosiasi UMKM legalitas yang belum ada untuk segera diproses beserta pembentukan pengurus-pengurusnya. Wadah UMKM yang ada diharapkan bisa mempersatukan, mengkompakan, mensinergikan UMKM di Kab. Cilacap. UMKM di Kab. Cilacap diharapkan bisa saling bersinergi, bersatu, berkembang bersama- sama dalam memulihkan ekonomi akibat dampak covid 19. Gedung PLUT sesuai kesepakatan akan digunakan sebagai tempat bagi UMKM melaksanakan kegiatan–kegiatan, mempromosikan produk dan kegiatan yang lainnya. Pendataa jumlah UMKM di Kab. Cilacap sangat penting oleh karena itu supaya dilaksanakan dengan benar supaya datanya valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Acara Rembug Klaster Tahun 2021 ditutup oleh Sekretaris Bappeda Kab. Cilacap Edy Supriyono, S.Sos, MM.

Leave a Reply

Your email address will not be published.