Bappeda Kabupaten Cilacap Laksanakan Pendampingan dan Pelatihan Teknis Desa Inovasi Maos Lor bersama STIKES Al Irsyad Al Islamiyyah dan STIKES Serulingmas Cilacap

Cilacap, 11 Juni 2021. Pemkab Cilacap melalui Bappeda Kab Cilacap mengadakan pendampingan dan pelatihan teknis desa inovasi kepada Desa Maos Lor yang diikuti oleh pengurus Desa Inovasi serta pelaku UMKM Desa Maos Lor. Bappeda Kab Cilacap bekerjasama dengan STIKES Al Irsyad Al Islamiyyah Cilacap dan STIKES Serulingmas Cilacap sebagai pendamping sekaligus narasumber dalam Pelatihan teknis tersebut yang pelaksanaannya sangat menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Bappeda Kab Cilacap, yang diwakili oleh Kabid Penelitian & Pengembangan Bappeda Kab Cilacap, Ir. Lydia Retnoningsih, MA. Dalam sambutannya, dinyatakan bahwa terdapat 10 desa inovasi, salah satunya adalah Desa Maos Lor yang memiliki banyak potensi untuk dikembangkan demi mewujudkan cita-cita menjadi desa yang mandiri. Salah satu potensi yang akan dikembangkan saat ini adalah komoditas buah pisang. Bapak Mukti Iriyadi, selaku Kepala Desa Maos Lor yang juga hadir dalam acara tersebut menyampaikan dukungannya serta rasa terimakasih atas terselenggaranya pelatihan ini.

Dalam kesempatan tersebut, Narasumber dari DPKUKM Kab. Cilacap, menyampaikan materi tentang “Strategi Packaging dan & Pemasaran Digital” sedangkan Ketua STIKES Al Irsyad Al Islamiyyah Cilacap, Sarwa, S.Pd, M. Kes menyampaikan materi tentang “Ketahanan Dalam Wirausaha”. Dilanjutkan dengan penyampaian teknis pengolahan pisang menjadi berbagai macam produk yaitu pembuatan dan pengolahan tepung pisang, dodol pisang, banofee pie tepung pisang, sriping pisang, dan banana layer.

Para peserta sangat bersemangat mengikuti arahan dari para pendamping yaitu para dosen dari 2 perguruan tinggi tersebut. Melihat pada  partisipasi aktif para peserta dan dukungan komitmen pemerintah desa, Pelatihan yang dilaksanakanakan diharapkan dapat membawa manfaat dan kesejahteraan bagi masyarakat Desa Maos Lor.

Leave a Reply

Your email address will not be published.