MUSRENBANG RKPD KABUPATEN CILACAP TAHUN 2022

Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022, pada hari ini Selasa, 16 Maret 2021 Pemerintah Kabupaten Cilacap menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2022. Musyawarah perencanaan pembangunan yang disingkat Musrenbang adalah forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah sesuai Permendagri No 86 Tahun 2017.

Musrenbang RKPD Kabupaten Cilacap Tahun 2022 diselenggarakan di Aula Diklat Praja, Jalan Jend. Sudirman No.12 Cilacap dengan mengusung tema “Percepatan Pembangunan Infrastruktur Wilayah Untuk Mencapai Universal Akses  (Sanitasi, Kawasan Kumuh, Air Minum) Guna Mendukung Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat dan Pemulihan Perekonomian Daerah”. Hal ini sesuai dengan arah kebijakan pembangunan Tahun 2022 yang merupakan tahun terakhir pelaksanaan RPJMD Kabupaten Cilacap Tahun 2017-2022, yaitu Peningkatan Kualitas Infrastruktur Wilayah Mencapai Universal Akses (Kumuh, Sanitasi dan Air Minum).

Bupati Cilacap, Wakil Bupati Cilacap, Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Sekretaris Daerah beserta Para Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap, Kepala BAPPEDA Kabupaten Cilacap, Perwakilan PT. Solusi Bangun Indonesia Tbk, Perwakilan PT. Pertamina (Persero) RU IV Cilacap, dan Direktur Utama Perumdam Tirta Wijaya Cilacap hadir secara langsung di Aula Diklta Praja. Sedangkan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / BAPPENAS Republik Indonesia, perwakilan dari BAPPEDA Provinsi Jawa Tengah dan BAPPEDA Kabupaten Tetangga (Banjarnegara, Banyumas, Purbalingga, Kebumen, Brebes, Ciamis, Kuningan, Pangandaran, dan Kota Banjar), Camat se-Kabupaten Cilacap, Para Pimpinan BUMN / BUMD, perwakilan Forum Anak, Penyandang Disabilitas, Komda Lansia, Organisasi Wanita dan tamu undangan lainnya hadir sebagai peserta Daring melalui Zoom Meeting. Sebanyak 199 undangan diketahui telah mengikuti kegiatan Musrenbang ini.

Sebelum kegiatan Musrenbang dimulai, dilaksanakan penandatanganan MoU dengan  13  Perguruan   Tinggi   dalam   lembaga Jaringan Penelitian (JARLIT), sebagai bagian dari inisiasi Pemerintah Kabupaten Cilacap untuk meningkatakan kualitas basis data, kajian dan informasi dalam perencanaan pembangunan, sekaligus dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis Piagam Penghargaan kepada Perusahaan yang telah melaksanakan program CSR / TJSLP di Kabupaten Cilacap pada Tahun 2020 oleh Bupati Cilacap. Piagam Penghargaan tersebut diberikan kepada PT. Solusi Bangun Indonesia Tbk, PT. Pertamina (Persero) RU IV Cilacap, dan Perumdam Tirta Wijaya Cilacap.

Kegiatan Musrenbang diawali dengan mendengarkan Lagu Indonesia Raya, pembacaan doa oleh Kepala Kemenag Cilacap, serta penyampaian laporan penyelenggaraan oleh Kepala BAPPEDA Kabupaten Cilacap. Dalam laporannya Kepala Bappeda Kabupaten Cilacap selaku Ketua Penyelenggara mengatakan bahwa Pembahasan Rancangan RKPD Kabupaten Cilacap Tahun 2022 dalam forum Musrenbang dilaksanakan dengan tujuan:

  1. Menyepakati permasalahan pembangunan Daerah.
  2. Menyepakati prioritas pembangunan Daerah.
  3. Menyepakati program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi.
  4. Penyelarasan program dan kegiatan pembangunan Daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan Provinsi, dan
  5. Klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan Daerah Kabupaten dengan program dan kegiatan.

Setelah laporan penyelenggara, acara dilanjutkan dengan sambutan dan pengarahan Bupati Cilacap, H. Tatto Suwarto Pamuji. Bupati Cilacap dalam sambutannya mengingatkan bahwa beberapa hari lagi, tanggal 21 Maret 2021 masyarakat merayakan Hari Jadi Kabupaten Cilacap yang ke-165. Peringatan Hari Jadi diperlukan untuk introspeksi / self control sampai dimana pembangunan telah dilaksanakan, apa yang telah dikerjakan, sedang dikerjakan dan akan dikerjakan untuk mencapai cita-cita para pendiri Kabupaten Cilacap, yaitu untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Cilacap. Oleh karena itu, untuk menggapai masyarakat Kabupaten Cilacap yang sejahtera, perlu dilajutkan program-program yang telah berjalan, yaitu Bangga Mbangun Desa.

Sambutan berikutnya dari Kepala Bappeda Provinsi Jawa Tengah yang diwakilkan kepada Kabid Pemerintahan dan Sosial Budaya, Drs. Edi Wahyono, M.Si sekaligus penyampaian materi oleh beliau tentang arah kebijakan pembangunan Provinsi Jawa Tengah tahun 2022. Kemudian dilanjutkan sambutan Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Taufik Nurhidayat serta sambutan dan penyampaian Kebijakan Pendanaan Pembangunan Infrastruktur wilayah Jawa Tengah Bagian Selatan dan pelaksanaan Perpres 79 Tahun 2019  dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi Kabupaten Cilacap oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ BAPPENAS Republik Indonesia, yang disampaikan oleh Kasubdit Jawa II dan Bali Direktorat Regional I Bappenas, Dr.rer.nat. Jayadi, S.Si, MSE, MA.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Drs. Farid Ma’ruf, ST, MM dengan dimoderatori oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Cilacap. Sekda Kabupaten Cilacap memaparkan tentang Rancangan RKPD Kabupaten Cilacap Tahun 2022.

Setelah paparan dilakukan pembahasan dan tanggapan serta diskusi dan Tanya jawab terhadap Rancangan RKPD Tahun 2022. Seluruh peserta Musrenbang RKPD Kabupaten Cilacap Tahun 2022, menyepakati :

  1. Sasaran dan prioritas pembangunan daerah, serta rencana program dan kegiatan prioritas yang disertai indikator dan target kinerja dan kebutuhan pendanaan dalam rancangan RKPD Kabupaten Cilacap Tahun 2022 yang disesuaikan dengan kemampuan daerah.
  2. Program dan kegiatan yang belum diakomodir dalam rancangan  RKPD Kabupaten Cilacap Tahun 2022.
  3. Rumusan yang tercantum merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari hasil kesepakatan Musrenbang RKPD Kabupaten Cilacap Tahun 2022 untuk dijadikan sebagai bahan penyusunan rancangan akhir RKPD Kabupaten Cilacap Tahun 2022.

Acara Musrenbang diakhiri dengan stressing oleh Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Aulia Rachman. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Musrenbang oleh perwakilan peserta.

Materi paparan dapat diunduh di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published.