Pemkab Cilacap Gelar Pra Musrenbang RKPD Tahun 2022

Pemerintah Kabupaten Cilacap hari ini, Selasa, 10 Maret 2021 melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Cilacap menggelar kegiatan Pra Musyawarah Rencana Pembangunan (Pra-Musrenbang) Tahun 2021 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Cilacap Tahun 2022, yang diselenggarakan di Gedung AKBID Graha Mandiri Kabupaten Cilacap.

Kegiatan Pra Musrenbang diselenggarakan dalam dua sesi. Sesi I pada pagi hari dihadiri oleh Sekretaris Daerah, para Asisten Sekda, Kepala Bappeda dan Kepala Perangkat Daerah se Kabupaten Cilacap. Sedangkan Sesi II pada siang hari dihadiri oleh Kepala Bappeda, Organisasi Wanita, Forum Anak, Komda Lansia dan Persatuan Penyandang Disabilitas Kabupaten Cilacap serta Perangkat Daerah yang berkaitan dengan peserta undangan.

Dalam paparannya, Sekretaris Daerah menjelaskan maksud diselenggarakannya Pra Musrenbang adalah untuk menyelaraskan hasil verifikasi Renja PD sebagai bahan penyempurnaan rancangan awal RKPD menjadi rancangan RKPD Kabupaten Cilacap tahun 2022 serta menyampaikan dokumen rancangan RKPD Tahun 2022 sebagai bahan Musrenbang tingkat Kabupaten yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 16 Maret 2021 bertempat di Aula Diklat Praja Kabupaten Cilacap. Setelah paparan Sekda, acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab peserta Pra Musrenbang yang dipandu oleh Kepala BAPPEDA Kabupaten Cilacap.

Selanjutnya juga dipaparkan oleh Badan Pengelola Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) mengenai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 17/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan TKDD Tahun Anggaran 2021 dalam Rangka Mendukung Penanganan Pandemi Covid-19 dan Dampaknya.

Berikut merupakan catatan penting yang diperoleh dari kegiatan Pra Musrenbang hari ini :

  1. OPD agar mencermati kembali terhadap target capaian indikator tahun 2022, mengingat tahun 2022 merupakan tahun terakhir periode RPJMD Kabupaten Cilacap tahun 2017-2022.
  2. OPD agar memperhatikan hasil evaluasi RKPD tahun 2020 dan Target yg akan dicapai di tahun 2021, sebagai dasar usulan program dan kegiatan prioritas tahun 2022.
  3. Setelah pelaksanaan Musrenbang, masing-masing OPD melakukan input program, kegiatan dan sub kegiatan beserta rincian belanja ke dalam SIPD dengan alamat  https://cilacapkab.sipd.kemendagri.go.id, dan akan dilakukan verifikasi oleh tim melalui kegiatan verifikasi Pra RKA.
  4. Masing-masing OPD diharapkan untuk mencermati kembali program/kegiatan prioritas dan pagu indikatif yang diusulkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.