Nov 27 2020

10 Kepala Daerah Mendeklarasikan Dukungan terhadap Percepatan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)

Cilacap – Bupati Kabupaten Cilacap bersama 9 kepala daerah lainnya mendeklarasikan dukungan terhadap percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) pada hari Rabu, 25 November 2020 secara virtual. Deklarasi ini merupakan bagian dari Program Peningkatan Kolaborasi Pemerintah Daerah dan Masyarakat Sipil untuk Melokalkan dan Mencapai SDGs (PEDULI SDGs), sebuah program kerjasama Bandung Trust Advisory Group (B_Trust) dan Uni Eropa dengan 10 Pemerintah Kabupaten di Indonesia yang tersebar di 5 Provinsi.

Ir. Siswanda Harso Sumarto, MPM,  selaku Direktur Senior B_Trust menyampaikan bahwa SDGs merupakan tujuan yang telah disepakati oleh berbagai pimpinan negara di dunia, termasuk Indonesia, dalam rangka pengentasan kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan pelestarian lingkungan. SDGs berisi 17 tujuan dan 169 target yang diharapkan dapat tercapai pada tahun 2030. Pencapaian SDGs hanya dapat dilakukan bila dilokalkan di tingkat daerah.

Senada dengan itu, Ibu Nina Sardjunani selaku perwakilan Sekretariat Nasional SDGs Indonesia juga menyampaikan bahwa salah satu faktor keberhasilan pencapaian SDGs di Indonesia adalah sejauh mana penerapan nilai-nilai SDGs tersebut di tingkat daerah. Nilai-nilai SDGs harus dapat tergambarkan secara jelas dalam rencana pembangunan daerah. Oleh karena itu, nilai-nilai SDGs dan perencanaan pembangunan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Dalam sambutannya, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, H.E. Vincent Piket menyatakan bahwa Uni Eropa mendukung komitmen Pemerintah Indonesia dalam menerapkan dan mencapai target SDGs.

Acara dihadiri lebih dari 800 peserta  yang terdiri dari perwakilan pemerintah desa, organisasi masyarakat sipil, media massa, akademisi, dan seluruh jajaran OPD dari 10 Kabupaten.

 Berikut adalah daftar 10 daerah sasaran :

  1.  Kabupaten Cilacap,
  2. Kabupaten Grobogan,
  3. Kabupaten Kuningan,
  4. Kabupaten Majalengka,
  5. Kabupaten Ciamis,
  6. Kabupaten Lombok Tengah,
  7. Kabupaten Sumbawa,
  8. Kabupaten Sumbawa Barat,
  9. Kabupaten Bulungan dan
  10. Kabupaten Berau

Leave a Reply

Your email address will not be published.