Sep 06 2020

PELATIHAN SISTEM PERENCANAAN, PENGANGGARAN, ANALISIS, PEMANTAUAN & EVALUASI KEMISKINAN TERPADU (SEPAKAT)

Cilacap – Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) Kab. Cilacap mengikuti Pelatihan Sistem Perencanaan, Penganggaran, Analisis, Pemantauan & Evaluasi Kemiskinan Terpadu (Sepakat) yang diadakan oleh Kementerian PPN/BAPPENAS. Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 31 Agustus – 2 September 2020, dan dilaksanakan secara daring.

Pelatihan dibuka dengan sambutan dari Direktur Penanggulangan Kemiskinan dan Kesejahteraan Sosial, BAPPENAS RI. Dalam sambutan tersebut, beliau menjelaskan bahwa SEPAKAT merupakan sebuah aplikasi berbasis web untuk membantu pemerintah daerah dalam proses perencanaan, penganggaran, monitoring dan evaluasi penanggulangan kemiskinan secara cepat dan akurat. “Aplikasi ini memiliki tiga tujuan, yaitu mempertajam rencana pembangunan dan anggaran daerah dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan dan ketimpangan, memanfaatkan data untuk kebutuhan perencanaan, penganggaran pembuatan kebijakan pembangunan yang inklusif dan pro-poor serta otomatisasi proses perencanaan, penganggaran dan monitoring yang holistik, integratif, tematik dan spasial”, jelasnya.

Pelatihan dilaksanakan dengan pengenalan dan presentasi cara penggunaan aplikasi SEPAKAT, dilanjutkan dengan paparan dari peserta untuk menjelaskan analisa penanggulangan kemiskinan di masing-masing pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

Untuk rundown lengkap dapat diunduh lewat tautan berikut. https://drive.google.com/file/d/1QuicNGexPn74omVaY7T6_0ksn5xCSnMv/view?usp=sharing

Leave a Reply

Your email address will not be published.