Aug 30 2020

RAPAT MEMBAHAS PENGAMANAN ASET TANAH DAN PEMBANGUNAN JARINGAN JALAN LINTAS SELATAN (JJLS)

Bertempat di Pendopo Kecamatan Patimuan, Kabupaten Cilacap melangsungkan rapat guna membahas pengamanan aset tanah dan pembangunan jaringan jalan lintas selatan. Rapat dilaksanakan pada hari Rabu, 26 Agustus 2020. Turut hadir dalam rapat, Ketua Komisi C DPRD Kab. Cilacap, Kepala BAPPEDA Kab. Cilacap, Dinas PU BMCK Prov. Jateng, Kantor Pertanahan Kab. Cilacap, Satker PJN Wilayah II Prov. Jateng, PPK 2.2, PPK 2.3, DPUPR Kab. Cilacap, DISPERKIMTA Kab. Cilacap, BPPKAD Kab. Cilacap, Dinas Perhubungan Kab. Cilacap, Camat Patimuan, Camat Kedungreja serta Camat Gandrungmangu.

Rapat dibuka oleh Camat Patimuan, disusul dengan sambutan dari Sekretaris Daerah yang diwakili oleh Kepala BAPPEDA Kab. Cilacap dilanjutkan sambutan dari Ketua Komisi C DPRD Kab. Cilacap. Dalam sambutannya, Kepala BAPPEDA menyampaikan terimakasih kepada PJN atas pelaksanaan pembangunan dua lajur tambahan pada Ruas Urip Sumoharjo yang diharapkan bisa terus menyambung sampai dengan SP.3 Slarang. Selain itu beliau juga menyampaikan perlunya serah terima aset hasil pengadaan tanah kepada Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR agar segera bisa direalisasikan sehingga tidak menjadikan permasalahan kelak dikemudian hari.

Kesimpulan dan rencana tindak lanjut yang dihasilkan adalah sebagai berikut.

Kesimpulan:

  1. Pengadaan tanah untuk JJLS Ruas Bts. Jabar-Patimuan – SP.3 Tambakreja – SP.3 Bantarsari dilakukan sejak tahun 2005 sampai dengan tahun 2020 bersumber dana APBD Prov. Jateng dan APBD Kab. Cilacap, belum diserahan kepada Kementerian PUPR.
  2. Perlu pengamanan aset hasil pengadaan tanah JJLS (khusunya yang memotong jalan di luar jalan eksisting).
  3. Perlu penegasan JJLS, ruas Adipala – Ayah/Bodo, dai Non Status menjadi aset/Jalan Nasional yang tercatat di Kementerian PUPR.

Rencana Tindak Lanjut:

  1. Diperlukan pembahasan lebih lajut antara Pemkab Cilacap (dikoordinasikan DISPERKIMTA), dengan Pemprov Jateng, BBPJN Jateng-DIY Ditjen Bina Marga guna menindaklanjuti serah terima aset hasil Pengadaan Tanah JJLS Ruas Bts. Jabar – Patimuan – SP.3 Tambareja – SP.3 Bantarsari baik yang bersumber dana APBD Provinsi, APBD Kab. Cilacap, maupun Sharing Provinsi/Kabupaten untuk menghindari permasalahan dikemudian hari.
  2. Satker PJN Wilayah II akan melaporkan kepada Kepala BBPJN Jateng-DIY Ditjen Bina Marga pada tikungan ( memotong jalur diluar eksisting jalan) yang sudah selesai pembebasan tanahnya untuk segera dilakuan pengamanan aset dan pelaksanaan pembangunan konstruksinya guna menghindari penyalahgunaan peruntukan oleh masyarakat/pihaklain.
  3. Pemkab Cilacap (melalui DPUPR Kab. Cilacap) membuat surat perihal Permohonan pencatatan aset JJLS Ruas Adipala-Ayah/Bodo kepada Kementerian PUPR.

Leave a Reply

Your email address will not be published.