Aug 14 2020

Konsultasi Publik Penyusunan RZ KSN Pancangsanak (Pangandaran, Kalipucang, Segara Anakan, Nusakambangan)

Kamis (13/08/2020), BAPPEDA Kab. Cilacap yang diwakili oleh Kepala Bidang Ekonomi, Ir. Aris Sunarya, M.Si didampingi oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi, Edy Supriyono, S.Sos., MM. serta Kepala Subbidang Pertanian dan Pangan, B.E. Santoso Nugroho, S.AP mengikuti Konsultasi Publik Penyusunan RZ KSN Pancangsanak (Pangandaran, Kalipucang, Segara Anakan, Nusakambangan) melalui Aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti hasil Focus Group Discussion (FGD) RZ KSN Pancangsanak di Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Pangandaran. Disiarkan dari Hotel Atrium Premiere Cilacap pada pukul 09.00 – 13.00 WIB.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dan pembukaan yang dimoderatori oleh Kasubdit Kawasan Strategis.  Mengawali sesi ini, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Jawa Tengah membuka dengan penyampaian tentang RZWP3K Provinsi Jateng dan keterkaitannya dengan nilai penting dan strategis nasional di Kawasan Pancangsanak. Dilanjutkan dengan penyampaian Arahan Kebijakan dan Strategi Perencanaan Ruang Laut Di Kawasan Strategis (KSN/KSNT). Sesi ini ditutup dengan penyampaian tentang Strategi Percepatan Ranperpres RZ KSN dalam Pencapaian Target Prolegnas oleh Plt. Sekretaris Ditjen Pengelolaan Ruang Laut / Pengelolaan Ekosistem Laut Dan Pesisir (PELP) Utama, Kementrian Kelautan dan Perikanan. Selanjutnya, dilaksanakan presentasi dan diskusi panel yang dipimpin oleh Kasi Kawasan Strategis Nasional, KPP sebagai moderator. Adapun daftar materi presentasi adalah sebagai berikut.

  1. ICM dalam perencanaan RZ SN Pancangsanak oleh Dr. Irwandi Idris;
  2. Keterkaitan Pengembangan Kawasan Strategis Nasional dan Daya Dukung Ekosistem Pesisir dan PP di Kawasan Pancangsanak oleh Prof. Dr. Ir. Dietrich G. Bengen, DEA;
  3. Hidrodinamika pesisir dan laut Kawasan Pancangsanak oleh Prof. Dr. Drnny Nugroho Sugianto, ST., M.Si.;
  4. Progress Revisi RTRW Kab. Cilacap dan kaitannya dengan RTR KSN Pancangsanak oleh Kepala Dinas PUPR Kab. Cilacap;
  5. Pengembangan potensi Wilayah pesisir di Kab. Pangandaran oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Cilacap dan Pangandaran.

Kegiatan ditutup dengan pembacaan rumusan dan doa bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.