Aug 12 2020

PRESENTASI INOVASI DAERAH

Tindak lanjut dari kegiatan Sosialisasi Indeks Inovasi Daerah (IID) Kabupaten Cilacap pada tanggal 21 Juli 2020, BAPPEDA Kabupaten Cilacap bersama dengan Bagian Organisasi Setda Kabupaten Cilacap menyelenggarakan kegiatan presentasi Inovasi Daerah yang diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Cilacap.

Bertempat di kantor sementara BAPPEDA Kabupaten Cilacap, sebanyak 154 inovasi dari Badan, Dinas, Kecamatan, Kelurahan, dan Puskesmas se-Kabupaten Cilacap diikutsertakan dalam presentasi Inovasi Daerah sebagai persiapan Innovative Government Award (IGA) tahun 2020 yang diadakan oleh Kemendagri dan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2020 yang diadakan oleh Kemen PAN-RB. Dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah, kegiatan presentasi Inovasi Daerah diadakan selama 10 kali pertemuan dimulai pada tanggal 23 Juli – 11 Agustus 2020 untuk menghindari berkumpulnya terlalu banyak orang dalam suatu tempat.Tim verifikasi Inovasi Daerah dipimpin oleh Sekretaris BAPPEDA Kabupaten Cilacap Achmad Fauzi, SE., ME dan Ir. Lydia Retnoningsih, MA selaku Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan pada BAPPEDA Kabupaten Cilacap. Dari Bagian Organisasi SETDA Kabupaten Cilacap diwakili oleh Aris Munandar, S. Sos, M.Si dan Sugiyanti, SE, MM, serta dr. Reza Prima Muharama dan Hudaefah, S.KM., M.Kes dari DINKES Kab. Cilacap.

Adapun tiga bentuk inovasi daerah yang adalah sebagai berikut.

  1. Tata Kelola Pemerintahan (Inovasi tata laksana internal, fungsi manajemen, dan pengelolaan unsur manajemen);
  2. Pelayanan Publik (Inovasi proses pemberian layanan barang/jasa publik);
  3. Inovasi Dalam Bentuk Lainnya (Inovasi dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah).

Beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar dapat lolos seleksi pendaftaran IGA tahun 2020 antara lain:

  1. Pembaharuan;
  2. Manfaat;
  3. Kepentingan Publik;
  4. Urusan dan Kewenangan PEMDA;
  5. Replikasi/Aplikatif;
  6. Diterapkan 2 Tahun mulai Tahun 2017-2019.

Tahap selanjutnya adalah pengisian Indeks Inovasi Daerah oleh masing-masing OPD dengan akun yang telah diberikan dengan batas penginputan yaitu 4 September 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published.