Jul 30 2020

Rapat Koordinasi Pelaksanaan Perhutanan Sosial

Rabu (29 Juli 2020), BAPPEDA Kab. Cilacap yang diwakili oleh Kepala Bidang Perekonomian Ir. Aris Sunarya, MM mengikuti Video Conference Rapat Koordinasi Pelaksanaan Perhutanan Sosial. Kegiatan ini diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri  dalam rangka mengurangi kemiskinan, pengangguran dan ketimpangan pengelolaan kawasan hutan.  Acara ini dimulai pada pukul 09.00 dan diikuti oleh Kabupaten/ Kota  Regional Jawa, Bali dan Nusa Tenggara. Turut hadir dalam Video Conference Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Ir. Pawana, M.Si

Acara dibuka dengan sambutan dan arahan dari DIRJEN BANGDA Kementerian Dalam Negeri, DIRJEN PSKL Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Deputi Bidang Kemaritiman dan SDA Kementerian PPN/BAPPENAS. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sesi pemaparan yang dipimpin oleh perwakilan dari KLHK selaku moderator. Direktur Kehutanan dan Konservasi Sumber Daya Air Kementerian PPN/BAPPENAS, Nur Hygiawati Rahayu selaku narasumber pertama memberikan paparan tentang Kebijakan Perhutanan Sosial di RPJMN 2020-2024.

“Meningkatnya kesejahteraan rakyat dan kualitas manusia, menurunnya tingkat kemiskinan dan pengangguran, berkurangnya kesenjangan pendapatan dan wilayah, serta terjaganya keberlanjutan lingkungan dan stabilitas ekonomi”, paparnya.

Paparan kedua disampaikan oleh Direktur SUPD I DITJEN Bina Bangda Kementerian Dalam Negeri, Drs. Nyoto Suwignyo, MM dengan materi yang berjudul Peran Pemerintah Daerah dalam Pelaksanaan Perhutanan Sosial.

Sesi Pemaparan ditutup dengan Paparan Pelaksanaan Perhutanan Sosial dalam Upaya penganggulangan Kemiskinan dan Peningkatan Ketahanan Pangan oleh SEKDITJEN PSKL, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published.