Mar 10 2020

MUSRENBANG RKPD KABUPATEN CILACAP TAHUN 2021

CILACAP–Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2021, Pemkab Cilacap menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2021 bertempat di Gedung Patra Graha Jl. MT Haryono Cilacap, Selasa (10/03/2020).

Musrenbang dibuka oleh Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji.  Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD, Para Wakil Ketua DPRD beserta Para Ketua Komisi dan Ketua Fraksi DPRD Kabupaten Cilacap, utusan dari BAPPEDA Provinsi Jawa Tengah, Para Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kabupaten Cilacap,  Kepala Instansi Vertikal di Kabupaten Cilacap, utusan dari BAPPEDA Kabupaten tetangga yaitu Banjarnegara, Banyumas, Purbalingga, Kebumen, Brebes, Ciamis, Kuningan, Pangandaran, dan Kota Banjar,  utusan Lembaga/ Instansi Vertikal,  Para Pimpinan BUMN/BUMD, Para Pimpinan Perguruan Tinggi, Ketua MUI Cilacap, Para Ketua Organisasi Masyarakat, Ketua Organisasi Profesi, Ketua LSM, Para Ketua Asosiasi dan Para Pimpinan Media Massa,  Para Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap, Camat se-Kabupaten Cilacap serta Lurah dan perwakilan Kepala Desa di Kabupaten Cilacap.

Dalam laporannya Kepala Bappeda Kabupaten Cilacap selaku Ketua Penyelenggara mengatakan bahwa Pembahasan Rancangan RKPD Kabupaten Cilacap  Tahun 2021 dalam forum Musrenbang dilaksanakan dengan tujuan:

  1. Menyepakati permasalahan pembangunan Daerah.
  2. Menyepakati prioritas pembangunan Daerah.
  3. Menyepakati program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi.
  4. Penyelarasan program dan kegiatan pembangunan Daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan Provinsi, dan
  5. Klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan Daerah Kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang Kecamatan.

Setelah laporan penyelenggaraan, acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala BAPPEDA Provinsi Jawa Tengah, sambutan Ketua DRD Taufik Nurhidayat, dan sambutan Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji.

Bupati Cilacap dalam sambutannya mengatakan bahwa prioritas pembangunan Tahun 2021  adalah Peningkatan Kualitas Infrastruktur Wilayah Dalam Memperkuat Pengembangan Wilayah Pinggiran dan Perbatasan, dengan fokus pada perbaikan jalan, drainase, irigasi, dan pengelolaan sampah yakni:

  1. Jalan yang menjadi prioritas adalah jalan di daerah pinggiran, hal ini dilakukan dalam rangka membuka akses masyarakat pada sentra sentra perekonomian, akses pelayanan pendidikan dan kesehatan.
  2. Rehabilitasi dan pembangunan irigasi diprioritaskan dalam rangka menunjang produktivitas pertanian dalam arti luas.
  3. Pengelolaan sampah dilakukan dengan peningkatan kualitas sarana dan prasarana pengelolaan persampahan dan pengelolaan sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

Selain itu perlu dilakukan peningkatan tata kelola pemerintahan dan pelayanan terhadap masyarakat dengan melakukan inovasi dalam bidang perekonomian, pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan, pelayanan korban bencana dan pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil.

Bupati Cilacap juga menjelaskan tantangan yang patut dijadikan perhatian antara lain:

  1. Pertumbuhan ekonomi tidak merata dan pertumbuhan ekonomi paling lambat yakni terdapat di Kabupaten Cilacap.
  2. Sektor industri pengolahan di Cilacap belum berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  3. Perikanan tangkap masih menggunakan alat tradisional dan perikanan budidaya masih memerlukan pembinaan.
  4. Infrastruktur air bersih kurang memadai terutama di wilayah pesisir seperti Kampung Laut, Cilacap.

Bupati juga menekankan bahwa Musrenbang  RKPD Kabupaten Cilacap Tahun 2021 ini harus menghasilkan suatu produk yang bagus sehingga pada tahun 2021 tidak ada lagi tumpang tindih indikator program antar SKPD yang satu dengan SKPD lain.

Kemudian acara dilanjutkan dengan acara inti yaitu Musrenbang RKPD 2021 dengan dimoderatori oleh Asisten Ekonomi dab Pembangunan Sekda Cilacap Wasi Ariyadi. Para peserta menerima paparan dari dua  narasumber yaitu:

  1. Paparan dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS tentang Percepatan Implementasi Perpres Nomor 79 Tahun 2019 Dalam Rangka Mendukung Pertumbuhan Ekonomi dan Daya Saing Daerah (Fokus Cilacap)
  2. Paparan Sekretaris Daerah tentang Rancangan RKPD Kabupaten Cilacap Tahun 2021.

Setelah paparan dilakukan pembahasan dan tanggapan serta diskusi dan Tanya jawab terhadap Rancangan RKPD Tahun 2021. Musrenbang RKPD ditutup dengan Penyampaian rumusan hasil Musrenbang RKPD penandatanganan Berita Acara Musrenbang RKPD 2021.

Materi Paparan  selengkapanya bisa didownload disini

Leave a Reply

Your email address will not be published.