Nov 05 2019

KEGIATAN RAPAT LAPORAN AKHIR PENYUSUNAN DOKUMEN REVIEW RENCANA AKSI DAERAH AIR MINUM DAN PENYEHATAN LINGKUNGAN / RAD AMPL 2014-2019 DAN PENYUSUNAN RAD AMPL 2019-2024

Pada hari Selasa (05/Nov/2019), telah dilaksanakan kegiatan Rapat Laporan Akhir Penyusunan Dokumen Review RAD AMPL Kabupaten Cilacap 2014-2019 dan Penyusunan RAD AMPL Kabupaten Cilacap di Aula Bappeda Kabupaten Cilacap. Penyusunan dokumen yang dibantu oleh konsultan PT. Winaguna Sarana Teknik ini diikuti oleh Pokja AMPL, Ketua Badan Penyediaan Sarana Penyediaan Air Minum / BPSPAM dan Tim Pamsimas Kabupaten Cilacap.

Dalam rapat yang dibuka dan dipimpin oleh Kabid IPW Bappeda Kabupaten Cilacap, Darwoko,S.T,M.T tersebut disampaikan bahwa Rencana Aksi Daerah Penyediaan Pelayanan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (RAD-AMPL) adalah dokumen rencana pengembangan kapasitas daerah dalam penyediaan pelayanan air minum dan penyehatan lingkungan untuk periode 5 (lima) tahun. Merupakan bentuk nyata komitmen pemerintah dan Pemerintah Daerah sebagai pelaku langkung pembangunan untuk bersama-sama mewujudkan target pada tujuan SDGs-Goal 6 yaitu Ketersediaan Air dan Sanitasi dengan indikator (i) proporsi rumah tangga dengan akses air minum (bukan air bersih); (ii) pengolahan limbah rumah tangga yang diolah sesuai dengan standar nasional. RAD-AMPL berperan sebagai rencana pengembangan kapasitas daerah untuk perluasan program pelayanan AMPL serta pengadopsian pendekatan AMPL berbasis masyarakat. RAD-AMPL ini akan menjadi acuan bagi program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang bertanggung jawab untuk bidang AMPL dan menjadi acuan bagi Pemda dalam pengembangan program AMPL.

Selanjutnya disampaikan paparan oleh Tim teknis CV. Winaguna Sarana Teknik bahwa RAD AMPL memuat (1) permasalahan dan isu strategis, (2) tujuan dan sasaran, (3) strategi dan kebijakan, (4) program dan kegiatan prioritas, serta (5) indikasi kebutuhan investasi dalam penyediaan layanan air minum dan penyehatan lingkungan, baik yang berbasis lembaga maupun yang berbasis masyarakat, dalam rangka mendukung percepatan pencapaian target Universal Access. Capaian AMPL di Kabupaten Cilacap tahun 2018 baru mencapai 80,13 % untuk Akses air minum sedangkan Ases Sanitasi Layak baru mencapai 86,91%. Strategi Pencapaian AMPL Kab. Cilacap tahun 2019-2024 meliputi;

  • Strategi Umum  diantaranya adalah Meningkatkan akses masyarakat terhadap prasarana dan sarana air minum dan sanitasi.
  • Strategi Investrasi, diantaranya dengan meningkatkan anggaran APBD untuk sektor AMPL, meningkatkan koordinasi pembiayaan APBD Prov dan APBN serta CSR untuk sektor AMPL.
  • Strategi Opsi Teknologi diantaranya bahwa daerah untuk terus mendukung inovasi bidang AMPL.
  • Strategi Kelembagaan diantaranya dengan Mendorong peningkatan kemauan politik (political will) para pemangku kepentingan untuk memberikan prioritas yang lebih tinggi terhadap pengelolaan AMPL.