Oct 18 2019

FGD SINKRONISASI LAPORAN ANTARA PENYUSUNAN DOKUMEN RPI2JM & RAD-AMPL KABUPATEN CILACAP TAHUN 2019-2024

Pada hari Jum’at, 18 Oktober 2019 diselenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Sinkronisasi Laporan Antara Penyusunan Dokumen Rencana Program Investasi Infrastruktur Jangka Menengah (RPI2JM) atau disebut juga Strategi Penyelenggaraan Kawasan Permukiman (SPKP) dan  Rencana Aksi Daerah Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (RAD -AMPL ) Kabupaten Cilacap Tahun 2019-2024. Acara ini dihadiri oleh para pemangku kepentingan di bidang Keciptakaryaan Kabupaten Cilacap, Bappeda Prov. Jateng, Dinas PU BMCK Prov. Jateng dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah Ditjen Ciptakarya Kementrian PUPR bertujuan untuk memperoleh masukan penyempurnaan dokumen RAD-AMPL dan RPI2JM yang disusun dengan bantuan konsultan PT. Winaguna Sarana Teknik dan CV. Citra Bintang Mataram.

Ekspose dibuka oleh Kabid IPW Bappeda Kabupaten Cilacap Darwoko, ST,MT.  Dalam sambutan pengarahannya beliau menyampaikan pentingnya penyusunan RAD-AMPL dan RPI2JM / SPKP serta pentingnya sinergi antara dua dokumen tersebut. Latar belakang kegiatan ini tertuang dalam SDGs pada Tujuan 6 – Air bersih dan sanitasi layak dan Tujuan 11 – Kota dan komunitas berkelanjutan , serta merupakan komitmen Pemerintah Indonesia untuk mewujudkan Universal Access 2019 dengan capaian target 100% akses air minum dan sanitasi serta penuntasan kawasan kumuh sampai dengan 0% bagi seluruh masyarakat. RAD AMPL disusun sebagai acuan pelaksanaan penyediaan dan pengelolaan air minum serta dalam rangka memperkuat kapasitas pemerintah kabupaten dalam melaksanakan mandatnya untuk pengelolaan pembangunan air minum dan sanitasi di tingkat kabupaten menuju 100% akses. RPI2JM /SPKP merupakan dokumen perencanaan  yang  penting  dalam  mengkolaborasikan pembangunan  bidang  Cipta Karya,  yang  menjadi dasar dalam penyusun program dan anggaran serta mendorong proses pemerataan pembangunan infrastruktur PU / Cipta Karya yang lebih ideal, efektif dan efisien. RPI2JM/SPKP juga sebagai dokumen kelayakan dan kerjasama program dan anggaran pembangunan bidang Cipta Karya di daerah antara pemerintah pusat, propinsi, dan kab/kota,  bermanfaat  dalam  mendorong  pembangunan  infrastruktur  dalam rangka memacu pertumbuhan Kab/Kota dan pemerataan pembangunan.

Setelah dilakukan paparan Laporan Antara RAD AMPL oleh PT. Winaguna Sarana Teknik dan RPI2JM oleh CV. Citra Bintang Mataram, dilanjutkan sesi diskusi yang dipandu oleh Kasubid Infrastruktur Wilayah, Rosalina,S.T.,M.T. Hasil diskusi disepakati beberapa hal antara lain: Rencana Target Capaian Kinerja AMPL 2019-2024 yang akan disahkan melalui Peraturan Bupati Cilacap, Dinas Instansi terkait Keciptakaryaan akan menyusun Program dan Kegiatan Prioritas yang akan diajukan melalui mekanisme APBN selama 5 (lima) tahun ke depan melalui SPKP.

Leave a Reply

Your email address will not be published.