Oct 09 2019

Workshop Forum for Development and Employment Promotion (FEDEP)

Salah satu kegiatan Bappeda yang bertajuk Workshop Forum for Development and Employment Promotion (FEDEP) / Forum Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL) merupakan wujud fasilitasi dari Pemerintah Kabupaten Cilacap terhadap pengembangan klaster – klaster UMKM dalam mendongkrak perekonomian di Kabupaten Cilacap.

Hari ini (09/10/19) acara berlangsung di Aula Bappeda Kab. Cilacap, dibuka dan dipimpin oleh Sekretaris BAPPEDA Achmad Fauzi, S,E, M.E , tampak hadir Ketua pelaksana FEDEP Pranyata SE, Kepala Bidang Perekonomian pada Bappeda Daryono SE, MM , Perangkat Daerah terkait seperti Dispabun, DPMPTSP, Dinas Perikanan, Disnakerin, DPKUKM – PLUT, Disporapar, Bagian Perekonomian Setda Cilacap , Ketua beserta anggota dari 5 klaster FEDEP ( klaster pariwisata, klaster batik, Klaster Olahan hasil Laut, Klaster Gula Sehat dan Kelapa terpadu klaster sale Pisang) serta beberapa stakeholder terkait lainnya.

Achmad Fauzi, S,E, M.E dalam kesempatan ini menyampaikan rasa syukur dan Ucapan selamat kepada salah satu klaster di Kab. Cilacap ( Klaster Batik ) naik kelas dari klaster berkembang menjadi klaster maju yang telah berhasil mengekspor produknya ke luar negeri .

“Saya mengharap kepada seluruh klaster yang ada agar selalu berinovasi / kreatif dalam menghasilkan produk sehingga dapat bersaing dengan klaster / pelaku usaha dari daerah lain”, tuturnya.

Lebih lanjut beliau menyampaikan Strategi Pembangunan Daerah Di Kabupaten Cilacap dalam mendukung Jawa Tengah mendorong pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah 7 % diantaranya melalui Pembangunan Infrastruktur, Mendorong investasi industri strategis, Penguatan SDM, mendorong Ekspor – TPT, MAMIN, Furnitur, Subsitusi Import dan Pengembangan Sektor Pariwisata. Perbandingan pertumbuhan PDRB dengan tenaga kerja di Kabupaten Cilacap yaitu memperbandingkan antara pertumbuhan PDRB di Kabupaten Cilacap dengan penduduk yang bekerja menurut lapangan usaha, sebagai contoh penduduk Kabupaten Cilacap yang bekerja di sektor pertanian, kehutanan, perkebunan dan perikanan berjumlah 60.572 tetapi terhadap pertumbuhan PDRB Kab. Cilacap hanya sebesar 1,97 %

Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui BAPPEDA memberikan fasilitasi terhadap pengembangan klaster – klaster di Kabupaten Cilacap, adapun Strategi Pengembangan klaster yang dilakukan oleh Pemda Cilacap berdasarkan tingkat / jenjang klaster yang ada yaitu : Klaster Pemula meliputi : SDM, kerjasama, produksi, pemasaran dan permodalan, Klaster Berkembang meliputi : SDM, kualitas produksi, pelayanan, inovasi, kerjasama, akses pasar  dan akses permodalam, Klaster maju meliputi : kemandirian, pembinaan tidak langsung, kompetitif dan dukungan iklim usaha

Yang tak kalah penting Disampaikan juga bahwa Perlu adanya pembaruan/penyesuaian terhadap Surat Keputusan (SK) Kepala Bappelitbangda tentang Pembentukan Klaster di Kabupaten Cilacap karena sudah tidak sesuai dengan kondisi saat ini.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bidang Perekonomian BAPPEDA Kab. Cilacap Daryono SE, MM menyampaikan paparan terkait dengan Kelembagaan FEDEP dengan menjabarkan Maksud dilaksanakannya Workshop FEDEP / PEL antara lain : Memperkuat kelembagaan FEDEP, Memfasilitasi pengembangan klaster – klaster di Kab. Cilacap , Mencari solusi pemecahan masalah yang ada di anggota – anggota klaster dan Memberikan  pemahaman dan arahan kepada setiap anggota klaster untuk membuat Program / rencana kerja klaster berdasarkan prioritas kegiatan. Sedangkan Tujuan dilaksanakannya Workshop FEDEP tahun 2019 yaitu agar Setiap klaster membuat usulan calon pengurus klaster Tahun 2019 – 2022 dan mengarahkan anggota Klaster agar dapat membuat program / rencana kerja kegiatan Tahun 2020 secara sistematis, sinergi dan terukur manfaat dan hasilnya.

Semua klaster mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan paparan dalam forum yang , salah satu paparan yang disampaikan yaitu mengenai pembentukan klaster baru di Kabupaten Cilacap lengkap dengan rencana program kerja beserta susunan pengurus klaster tersebut. Adapun rencana nama klaster baru adalah Klaster Kriya ( Klaster Kerajinan tangan ) yang anggotanya terdiri dari pelaku fashion, pengrajin tas, pembuat kerajinan mebel dll.

Sebagai Puncak agenda  Workshop FEDEP Tahun 2019 , yaitu penanda tanganan Berita Acara kesepakatan hasil pembahasan oleh perwakilan peserta  yang menyetujui hal – hal sebagai berikut :

  • Mendorong tumbuh kembangnya Klaster di Kabupaten Cilacap agar lebih maju, mandiri dan sejahtera.
  • Memberikan kesempatan untuk tumbuh / dibentuknya Klaster baru di Kabupaten Cilacap.
  • Memperbaharui Surat Keputusan ( SK ) tentang Pembentukan Klaster di Kabupaten Cilacap berdasarkan hasil evaluasi kinerja.
  • Memberikan kesempatan / memfasilitasi kepada anggota klaster pemula untuk berkembang bersama dengan anggota yang lain.
  • Bahwa Pembentukan pengurus klaster periode Tahun 2019 – 2022 diserahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam hal ini BAPPEDA yang selanjutnya akan diproses dalam bentuk Surat Keputusan ( SK ) Kepala BAPPEDA selaku Ketua FEDEP Kabupaten Cilacap

Leave a Reply

Your email address will not be published.