Sep 26 2019

SOSIALISASI KABUPATEN / SOSKAB PAMSIMAS III TAHUN 2020 DI KABUPATEN CILACAP

Sosialisasi Kabupaten / Soskab dalam rangka penyiapan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat ( Pamsimas III) untuk Tahun 2020 telah dilaksanakan pada hari kamis Tanggal 26 september Tahun 2019, bertempat di Aula Bappelitbangda Kabupaten Cilacap. Kegiatan ini dihadiri oleh unsur SKPD yang tergabung dalam Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan / Pokja AMPL, Panitia Kemitraan Program Pamsimas III, Desa Pamsimas calon penerima Hibah Khusus Pamsimas / HKP dan Hibah Intensif Daerah / HKP serta desa baru calon penerima progran Pamsimas III Tahun 2020.

Acara dibuka oleh Kabid Penelitian dan Pengembangan Bappelitbangda Kab. Cilacap, Ir. Aris Sunarya, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa strategi program pemerintah dalam mewadahi dan mengkolaborasikan program-program air minum dan sanitasi perdesaan berbasis masyarakat dari berbagai sumber pendanaan tingkat nasional, provinsi, kabupaten dan desa untuk pencapaian akses 100% adalah melalui program PAMSIMAS. Pamsimas menempatkan masyarakat, pemerintah desa dan pemerintah daerah sebagai pelaku utama untuk meningkatkan kualitas hidup manusia (nawacita ke-5) melalui penyediaan air minum aman dan sanitasi layak. PAMSIMAS III [2016–2020] merupakan kelanjutan program PAMSIMAS I [2008–2012] dan PAMSIMAS II [2013–2016]. Tujuan dari Program Pamsimas III ini adalah untuk Meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota. Mengingat Pentingnya program Pamsimas III ini, dimohon bagi Desa Baru Pamsimas III Kabupaten Cilacap Tahun 2019 untuk bersama-sama mendukung dan mensukseskan program ini

Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan dari Ketua Panitia Kemitraan Program Pamsimas III, Rosalina, ST, MT, Koordinator Distrik Kabupaten Siti Zulaika,ST,MM dan  Ketua BPSAM Kab. cilacap Indah Faiz. Dalam paparannya Ketua Pakem menyampaikan bahwa pada Tahun 2020 Kabupaten Cilacap masih mendapatkan alokasi anggaran APBN Reguler  untuk desa baru Pamsimas , HKP dan HID untuk desa yang Pamsimas. Dalam menentukan kriteria desa baru calon penerima kegiatan Pamsimas tahun 2020, Panitia kemitraan akan menilai kelayakan RKM masing-masing desa. Bagi desa Pamsimas yang telah berjalan sekurang-kurangnya 2 tahun dan memiliki kinerja BPSPAM yang bagus maka dapat mengajukan proposal untuk HKP bagi desa kuning dan HID bagi desa hijau. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, diharapkan Tim Fasilitator Pamsimas untuk mendampingi desa-desa tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.