Sep 25 2019

Temu Klaster PEL Kabupaten Cilacap ke PEL Kota Semarang

Dalam rangka memfasilitasi pengembangan UMKM berbasis klaster dan menjalin kemitraan antar klaster di Provinsi Jawa Tengah, Bappelitbangda Kabupaten Cilacap menyelenggarakan kegiatan Gathering/ Temu Klaster Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL) Lintas Kabupaten dengan Klaster binaan PEL Kota Semarang (24-25 September 2019).

Peserta dari Cilacap sebanyak 45 orang terdiri dari perwakilan 5 klaster (Pariwisata, Gula Sehat dan Kelapa Terpadu, Batik, Olahan Hasil Laut, dan Klaster Sale Pisang) serta pendamping dari OPD teknis terkait yaitu dari Bappelitbangda, Dinas Perikanan, DPKUKM-PLUT, Disnakerin, DPMPTSP, Dispabun, dan Bagian Perekonomian Setda.

Rombongan di terima oleh Kepala Bidang Perencanaan Perekonomian Bappeda Kota Semarang Drs. Pitoyo Tri Susanta, M.Si dan Wakil Ketua PEL Kota Semarang Wiyati Saddewisasi bersama pewakilan dari 10 klaster PEL Kota Semarang. Dalam sambutannya Kepala Bidang Perekonomian Bappelitbangda Kabupaten Cilacap Daryono selaku ketua rombongan menyampaikan maksud dan tujuan gathering adalah untuk memfasilitasi pengembangan klaster-klaster di Kabupaten Cilacap melalui kerjasama/ kemitraan dengan klaster-klaster di Kota Semarang dengan meningkatkan kapasitas para pelaku UMKM dalam hal pengelolaan dan memperluas jaringan usaha. Kemudian acara dilanjutkan dengan Diskusi dan Tanya Jawab antar kedua klaster. Untuk lebih jauh lagi dalam menggali informasi, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan agar peserta melakukan pengamatan  langsung dengan mengunjungi Pasar UMKM Srondol Semarang , rumah produksi bandeng dan desa wisata jamal sari yang memiliki objek wisata waduk jatibarang untuk mempelajari produksi telur asin, jahe rempah instan

Leave a Reply

Your email address will not be published.