PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN TEKNIS DESA INOVASI BERSAMA JARINGAN PENELITIAN KABUPATEN CILACAP TAHUN 2021

Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Bappeda Kabupaten Cilacap mengadakan Pendampingan dan Pelatihan Teknis Desa Inovasi Bersama Jaringan Penelitian Kabupaten Cilacap. Pelatihan teknis ini diikuti oleh 6 (enam) pengurus dari masing-masing 10 (sepuluh) Desa Inovasi serta 2 (dua) perwakilan dari 12 (dua belas) Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Jaringan Penelitian Kabupaten Cilacap selaku pendamping pengembangan Desa Inovasi. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, kegiatan bertempat di Hotel Dafam Cilacap, Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 1-15 Cilacap dan berlangsung dari tanggal 6 – 7 April 2021. Turut hadir dalam acara Kepala BAPPEDA Kabupaten Cilacap, Bapak Sumbowo, S.Sos, M.Si, Sekretaris BAPPEDA Kabupaten Cilacap Bapak Achmad Fauzi, S.E, M.E,  Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan BAPPEDA Kabupaten Cilacap, Ir. Lydia Retnoningsih, M.A, Kepala Sub Bidang Pengembangan dan Penerapan BAPPEDA Kabupaten Cilacap, Ibu Yani Astuti, S.E dan sebagai  narasumber perwakilan dari DISPERMADES Kabupaten Cilacap, Drs. Andi Susilo, M.Si.

Acara dibuka secara langsung oleh Sekretaris Kabupaten Cilacap, Drs. Farid Ma’ruf, ST, MM. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa kegiatan yang diadakan selama 2 (dua) hari ini merupakan bagian dari upaya fasilitasi, pelaksanaan, dan evaluasi penelitian dan pengembangan bidang penataan kelembagaan desa tahun 2021 dan persiapan kegiatan lomba Desa Inovasi. “Forum ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik dalam meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat Desa dan dilakukan secara tepat sasaran, sehingga dapat mempercepat capaian-capaian program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan sekaligus meningkatkan perekonomian Kabupaten Cilacap”, jelas beliau.

Lebih lanjut dalam sambutannya, beliau berharap agar Desa Inovasi harus lebih menonjol dari desa lainnya sehingga nantinya akan memberi contoh bagi desa lainnya untuk lebih inovatif memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Bertindak sebagai narasumber pada hari pertama dalam acara Pendampingan Dan Pelatihan Teknis Desa Inovasi Kabupaten Cilacap Tahun 2021, yaitu:

  1. Kasi Pengembangan Ekonomi pada Dispermades, Drs. Andi Susilo, M.Si. dengan tema tentang “Penguatan Kelembagaan dan Manajemen BUMDES”
  2. Andi Hendrawan, S.T., M.T., M.Kes., M.M dari Akademi Maritim Nusantara dan Kristanti Rahman, S.E., M.Ak dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Cilacap dengan tema tentang “Manajemen Ekonomi untuk UMKM”
  3. Mutia Pamikatsih, M.E.Sy dari  Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali (UNUGHA) Cilacap dan M. Ngasifudin, M.E dari STKIP Majenang dengan tema tentang “Penguatan Kelembagaan PKK, Karang Taruna serta Lembaga Ekonomi Desa Lainnya”

Hari-2 pelaksanaan Pendampingan dan Pelatihan Teknis Desa Inovasi Bersama Jarlit Kabupaten Cilacap diisi oleh Analis Kesehatan, Ibu Alis Mugihartati, S.ST dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dengan tema tentang “Pelatihan Keamanan Pangan Tentang Cara Produksi Pangan Yang Baik Menuju Sertifikasi Industri Pangan Rumah Tangga”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.