Sosialisasi Sistem Informasi Ruang Terbuka Hijau

Jumat (13/11/2020), bertempat di Ruang Rapat Kantor Sementara BAPPEDA Kabupaten Cilacap telah dilaksanakan Sosialisasi Sistem Informasi Ruang Terbuka Hijau (SI RUBAH). Sosialisasi ini merupakan rangkaian kegiatan dari implementasi aksi perubahan oleh peserta PKP angkatan VII atas nama Kasubbid Pengembangan Wilayah dan Lingkungan Hidup BAPPEDA Kabupaten Cilacap. Turut hadir perwakilan dari BPN, DISPERKIMPTA, DPUPR, DLH, BPPKAD, Dinas Perhubungan, Dinas Perikanan serta Dinas Pertanian dalam sosialisasi tersebut.

Sosialisasi dibuka dengan sambutan dari Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Imam Jauhari, S.T. Dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa hadirnya Aplikasi Sistem Informasi Ruang Terbuka Hijau diharapakan menjadi salah satu strategi pengembangan dan penyampaian basis data sebagai bahan perencanaaan pembangunan di Kabupaten Cilacap.

“Saat ini target pemenuhan Ruang Terbuka Hijau (RTH) publik yang ada di Kawasan Perkotaan khususnya di Wilayah Eks KOTIP Cilacap masih dibawah capain yang ditetapkan di perundang-undangan, masih sekitar 15%, dari target 20% yang harus dipenuhi”, jelas beliau.

Sosialisasi dilanjutkan dengan pemaparan Kepala Sub Bidang Pengembangan Wilayah dan Lingkungan Hidup BAPPEDA Kabupaten Ciacap. Beliau menjelaskan bahwa SI RUBAH merupakan aplikasi yang berbasis Web Geographic Information System (Web GIS), dimana data yang disajikan menggunakan basis data spasial sehingga meningkatan keakuratan dan ketepatan data tersebut. Ide yang melatarbelakangi pembuatan aplikasi ini adalah sulitnya memperoleh data keberadaan RTH, baik kawasan yang sudah dibangun menjadi RTH maupun kawasan-kawasan yang teridentifikasi memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi RTH sesuai dengan peraturan perundangan-undangan. Hadirnya aplikasi ini diharapkan menjadi salah satu terobosan untuk meningkatkan kualitas data perencanaan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai dasar penetapan kebijakan dalam rangka pengelolaan dan pengembangan RTH pada Kawasan Perkotaan di Kabupaten Cilacap.

Leave a Reply

Your email address will not be published.